Rabu, 07 Januari 2015

TUGAS 3 KEWIRAUSAHAAN (WIRAUSAHAWAN HARUS BER-INOVASI)


WIRAUSAHAWAN HARUS BISA BER-INOVASI
          Salah satu karakter yang sangat penting dari wirausahawan adalah kemampuan berinovasi. Tanpa adanya inovasi perusahaan tidak akan dapat bertahan lama. Hal ini disebabkan kebutuhan, keinginan, dan permintaan pelanggan yang berubah-ubah. Pelanggan akan mencari produk lain dari perusahaan lain yang dirasakan dapat memuaskan kebutuhan mereka. Untuk itu diperlukan adanya inovasi terus menerus jika perusahaan akan berlangsung lebih lanjut dan tetap berdiri dengan usahanya.
            Inovasi adalah sesuatu yang berkenan dengan barang, jasa serta ide yang dirasakan baru oleh seseorang. Meskipun ide tersebut telah lama ada tetapi ini dapat dikatakan suatu inovasi bagi orang yang baru melihat atau merasakannya (Kohler, 1996). Perusahaan dapat melakukan inovasi dalam bidang:
1.    Inovasi produk (barang, jasa, ide, dan tempat)
2.    Inovasi manajemen (proses kerja, proses produksi, keuangan, pemasaran)

Prinsip-prinsip Inovasi
Drucker (1985) mengatakan bahwa dalam melakukan inovasi perlu memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
1.    Sesuatu yang harus dilakukan
a.       Menganalisi peluang
b.      Apa yang harus dilakukan untuk memuaskan peluang
c.       Sederhana dan terarah
d.      Dimulai dari yang kecil
e.       Kepimpinan
2.    Sesuatu yang tidak harus dilakukan
a.       Mencoba untuk menjadi yang pandai
b.      Mencoba ingin mengerjakan sesuatu yang banyak
c.       Mencoba inovasi untuk masa yang akan dating
3.    Kondisi
a.       Memerlukan ilmu pengetahuan
b.      Membangun keunggulan nya sendiri
c.       Inovasi adalah efek dari ekonomi dan masyarakat

Peluang inovasi
            Inovasi dapat bersumber dari adanya peluang-peluang sebagai berikut:
1.    Penelitian dan Pengembangan
2.    Keberhasilan atau kegagalan
3.    Penolakan pelanggan
4.    Kebutuhan, keinginan, dan daya beli masyarakat
5.    Persaingan
6.    Perubahan demografi
7.    Perubahan selera
8.    IPTEK baru

Penelitian dan Pemgembangan
            Inovasi dapat dihasilkan melalui suatu penelitian dan pengembangan (research and development). Perusahaan-perusahaan yang telah maju atau besar umumnya mempunyai saru divisi khusu untuk melakukan penelitian dan pengembangan bagi produk-produk barunya. Penelitian dan pengembangan ini merupakan suatu inovasi yang sistematis dengan menggunakan metode-metode ilmiah. Perusahaan ini berprinsip harus melakukan inovasi terus menerus bagi kelangsungan hidupnya.

Keberhasilan atau Kegagalan
            Keberhasilan atau kegagalan baik dari perusahaan sendiri maupun dari perusahaan lain dapat dijadikan sumber ide bagi suatu inovasi. Keberhasilan peluncuran suatu produk merupakan ide melakukan inovasi bagi produk yang lainnya. Produk inovasi tersebut dapat sama tetapi dengan perbedaan spesifikasinya. Misanya, munculnya kendaraan diesel Isuzu Panther merupakan sumber inovasi bagi Toyota Kijang untuk memproduksi kendaraan diesel Kijang baru dengan bahan bakar solar. Peluncuran suatu produk juga dapat menjadi sumber inovasi bagi produk suplemen lainnya. Misalnya, produk aksesoris kendaraan merupakan suplemen bagi produk tersebut yang akan diluncurkan.

Kebutuhan, Keinginan, dan Daya Beli Masyarakat
            Inovasi dapat bersumber dari memperhatikan kebutuhan, keinginan dan daya beli masyarakat. Misalnya, semua masyarakat mempunyai kebutuhan akan perumahan. Namun keinginan dari individu masyarakat tersebut berbeda-beda sesuai dengan selera dan keadaan ekonomi mereka. Selanjutnya permintaan akan perumahan akan dipengaruhi oelh daya beli masyarakat. Seorang yang butuh perumahan mungkin menginginkan rumah yang besar dengan harga yang lebih mahal. Namun karena kemampuan daya belinya tidak memadai maka ia harus membeli rumah kecil yang terjangkau oelh daya belinya. Seorang pemimpin perusahaan dalam hali ini harus membuat perumahan dengan tipe-tipe yang seusai dengan keinginan dan daya beli mereka.
1.    Kebutuhan fisik (physiological needs)
Yaitu kebutuhan dasar hidup seperti air, udara, sandang, pangan, perumahan, pendidikan, dan kesehatan.
2.    Kebutuhan keamanan (safety needs)
Yaitu kebutuhan akan perlindungan terhadap bahaya, terbebas dari rasa ketakutan dan keamanan.
3.    Kebutuhan social (social needs)
Yaitu kebutuhan akan rasa dicintai, dimiliki, berafiliasi, dan diakui.
4.    Kebutuhan penghargaan (esteems needs)
Yaitu kebutuhan untuk mengaktualisasikan kemampuan potensial dengan menggunakan bakat kreatif

Persaingan
Persaingan adalah sumber inovasi yang sangat besar andilnya dalam peluncuran produk-produk baru. Dengan adanya persaingan perusahaan akan terdorong untuk melakukan inovasi. Sebagai contoh, persaingan dalam produk pasta gigi dari beberapa merek menyebabkan perusahaan meningkatkan penelitian dan pengembangan akan produknya untuk menciptakan produk-produk baru dengan spesifiaksi dan keunggulan masing-masing.

Demografi
Perubahan demografi dapat merupakan sumber inovasi untuk menyesuaikan produk-produk yang ada atau membuat produksi yang sama sekali baru. Perubahan demografi meliputi; usia, seks, jumlah keluarga, siklus kehidupan keluarga, pendapatan, kedudukan, pendidikan, agama, ras, dan kebangsaan.

Perubahan Selera
Konsumen dapat diasumsikan mudah tertarik dengan sesuatu yang baru atau berbeda dari apa yang biasa dilihat sehari-hari. Konsumen mempunyai keinginan untuk tampil beda dengan yang lainnya sesuai dengan seleranya masing-masing. Perubahan harus cermat memperhatikan selera para konsumen dan perubahannya untuk segera melakukan inovasi bagi produknya.

Ipteks Baru
Munculnya ilmu pengetahuan dan teknologi baru untuk memudahkan memproduksi suatu barang atau jasa dapat merupakan sumber inovasi. Contoh dengan adanya computer maka produksi dalam industry percetakan dan grafika mengalami revolusi. Percetakan dapat menampilkan gambar seperti foto dengan lebih muda dan cepat. Revolusi ini mengakibatkan perubahan dalam perwajahan kemasan (packaging) suatu barang.

Sumber inovasi menurut Drucker (1995) sebagai berikut:
1.    Tidak diperkirakan (the unexpected)
Sukses yang tidak diperkirakan
Kegagalan yang tidak diperkirakan
2.    Ketidaksesuaian (incongruities)
3.    Proses kebutuhan (process need)
4.    Struktur pasar dan industry (industry and market structures)
5.    Demografi (demographics)
6.    Pengetahuan baru (new knowledge)


1 komentar:

  1. rb88 Casino No Deposit Bonus Code - ThTopBet
    Get your rb88 free £20 No 1xbet Deposit Bonus code when you sign カジノ シークレット up and start gambling with the Rb88 casino bonus code. We are happy to say that you

    BalasHapus