WIRAUSAHAWAN
HARUS BISA BER-INOVASI
Salah satu karakter
yang sangat penting dari wirausahawan adalah kemampuan berinovasi. Tanpa adanya
inovasi perusahaan tidak akan dapat bertahan lama. Hal ini disebabkan
kebutuhan, keinginan, dan permintaan pelanggan yang berubah-ubah. Pelanggan
akan mencari produk lain dari perusahaan lain yang dirasakan dapat memuaskan
kebutuhan mereka. Untuk itu diperlukan adanya inovasi terus menerus jika
perusahaan akan berlangsung lebih lanjut dan tetap berdiri dengan usahanya.
Inovasi adalah sesuatu yang berkenan dengan barang, jasa
serta ide yang dirasakan baru oleh seseorang. Meskipun ide tersebut telah lama
ada tetapi ini dapat dikatakan suatu inovasi bagi orang yang baru melihat atau
merasakannya (Kohler, 1996). Perusahaan dapat melakukan inovasi dalam bidang:
1.
Inovasi produk (barang, jasa, ide, dan
tempat)
2.
Inovasi manajemen (proses kerja, proses
produksi, keuangan, pemasaran)
Prinsip-prinsip Inovasi
Drucker
(1985) mengatakan bahwa dalam melakukan inovasi perlu memperhatikan prinsip-prinsip
sebagai berikut:
1.
Sesuatu yang harus dilakukan
a.
Menganalisi peluang
b.
Apa yang harus dilakukan untuk memuaskan
peluang
c.
Sederhana dan terarah
d.
Dimulai dari yang kecil
e.
Kepimpinan
2.
Sesuatu yang tidak harus dilakukan
a.
Mencoba untuk menjadi yang pandai
b.
Mencoba ingin mengerjakan sesuatu yang
banyak
c.
Mencoba inovasi untuk masa yang akan dating
3.
Kondisi
a.
Memerlukan ilmu pengetahuan
b.
Membangun keunggulan nya sendiri
c.
Inovasi adalah efek dari ekonomi dan
masyarakat
Peluang inovasi
Inovasi dapat bersumber dari adanya peluang-peluang
sebagai berikut:
1.
Penelitian dan Pengembangan
2.
Keberhasilan atau kegagalan
3.
Penolakan pelanggan
4.
Kebutuhan, keinginan, dan daya beli
masyarakat
5.
Persaingan
6.
Perubahan demografi
7.
Perubahan selera
8.
IPTEK baru
Penelitian dan
Pemgembangan
Inovasi dapat dihasilkan melalui suatu penelitian dan
pengembangan (research and development).
Perusahaan-perusahaan yang telah maju atau besar umumnya mempunyai saru divisi
khusu untuk melakukan penelitian dan pengembangan bagi produk-produk barunya.
Penelitian dan pengembangan ini merupakan suatu inovasi yang sistematis dengan
menggunakan metode-metode ilmiah. Perusahaan ini berprinsip harus melakukan
inovasi terus menerus bagi kelangsungan hidupnya.
Keberhasilan atau
Kegagalan
Keberhasilan atau kegagalan baik dari perusahaan sendiri
maupun dari perusahaan lain dapat dijadikan sumber ide bagi suatu inovasi.
Keberhasilan peluncuran suatu produk merupakan ide melakukan inovasi bagi
produk yang lainnya. Produk inovasi tersebut dapat sama tetapi dengan perbedaan
spesifikasinya. Misanya, munculnya kendaraan diesel Isuzu Panther merupakan
sumber inovasi bagi Toyota Kijang untuk memproduksi kendaraan diesel Kijang
baru dengan bahan bakar solar. Peluncuran suatu produk juga dapat menjadi
sumber inovasi bagi produk suplemen lainnya. Misalnya, produk aksesoris
kendaraan merupakan suplemen bagi produk tersebut yang akan diluncurkan.
Kebutuhan, Keinginan, dan
Daya Beli Masyarakat
Inovasi dapat bersumber dari memperhatikan kebutuhan,
keinginan dan daya beli masyarakat. Misalnya, semua masyarakat mempunyai
kebutuhan akan perumahan. Namun keinginan dari individu masyarakat tersebut
berbeda-beda sesuai dengan selera dan keadaan ekonomi mereka. Selanjutnya
permintaan akan perumahan akan dipengaruhi oelh daya beli masyarakat. Seorang
yang butuh perumahan mungkin menginginkan rumah yang besar dengan harga yang
lebih mahal. Namun karena kemampuan daya belinya tidak memadai maka ia harus
membeli rumah kecil yang terjangkau oelh daya belinya. Seorang pemimpin
perusahaan dalam hali ini harus membuat perumahan dengan tipe-tipe yang seusai
dengan keinginan dan daya beli mereka.
1. Kebutuhan
fisik (physiological needs)
Yaitu
kebutuhan dasar hidup seperti air, udara, sandang, pangan, perumahan,
pendidikan, dan kesehatan.
2. Kebutuhan
keamanan (safety needs)
Yaitu
kebutuhan akan perlindungan terhadap bahaya, terbebas dari rasa ketakutan dan
keamanan.
3. Kebutuhan
social (social needs)
Yaitu
kebutuhan akan rasa dicintai, dimiliki, berafiliasi, dan diakui.
4. Kebutuhan
penghargaan (esteems needs)
Yaitu
kebutuhan untuk mengaktualisasikan kemampuan potensial dengan menggunakan bakat
kreatif
Persaingan
Persaingan adalah sumber
inovasi yang sangat besar andilnya dalam peluncuran produk-produk baru. Dengan adanya
persaingan perusahaan akan terdorong untuk melakukan inovasi. Sebagai contoh,
persaingan dalam produk pasta gigi dari beberapa merek menyebabkan perusahaan
meningkatkan penelitian dan pengembangan akan produknya untuk menciptakan
produk-produk baru dengan spesifiaksi dan keunggulan masing-masing.
Demografi
Perubahan demografi dapat
merupakan sumber inovasi untuk menyesuaikan produk-produk yang ada atau membuat
produksi yang sama sekali baru. Perubahan demografi meliputi; usia, seks,
jumlah keluarga, siklus kehidupan keluarga, pendapatan, kedudukan, pendidikan,
agama, ras, dan kebangsaan.
Perubahan
Selera
Konsumen dapat diasumsikan
mudah tertarik dengan sesuatu yang baru atau berbeda dari apa yang biasa
dilihat sehari-hari. Konsumen mempunyai keinginan untuk tampil beda dengan yang
lainnya sesuai dengan seleranya masing-masing. Perubahan harus cermat memperhatikan
selera para konsumen dan perubahannya untuk segera melakukan inovasi bagi
produknya.
Ipteks
Baru
Munculnya ilmu pengetahuan
dan teknologi baru untuk memudahkan memproduksi suatu barang atau jasa dapat
merupakan sumber inovasi. Contoh dengan adanya computer maka produksi dalam industry
percetakan dan grafika mengalami revolusi. Percetakan dapat menampilkan gambar
seperti foto dengan lebih muda dan cepat. Revolusi ini mengakibatkan perubahan
dalam perwajahan kemasan (packaging)
suatu barang.
Sumber inovasi menurut
Drucker (1995) sebagai berikut:
1. Tidak
diperkirakan (the unexpected)
Sukses
yang tidak diperkirakan
Kegagalan
yang tidak diperkirakan
2. Ketidaksesuaian
(incongruities)
3. Proses
kebutuhan (process need)
4. Struktur
pasar dan industry (industry and market
structures)
5. Demografi
(demographics)
6. Pengetahuan
baru (new knowledge)
rb88 Casino No Deposit Bonus Code - ThTopBet
BalasHapusGet your rb88 free £20 No 1xbet Deposit Bonus code when you sign カジノ シークレット up and start gambling with the Rb88 casino bonus code. We are happy to say that you